26.2 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

DPMTSP Aceh Barat Mudahkan Pelaku Usaha Dengan Inovasi “Klik n Kring”

MEULABOH | ACEH INFO – Dalam upaya mewujudkan kualitas pelayanan perizinan dan nonperizinan yang cepat, mudah dan pasti, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui DPMPTSP telah menerapkan pelayanan perizinan berbasis teknologi informasi melalui OSS-RBA, siCANTIK Cloud dan SIMBG.

Sistem aplikasi online tersebut memberikan banyak kemudahan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang secara fisik ke kantor DPMPTSP saat membutuhkan pelayanan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas DPMPTSP Aceh Barat, Edy Juanda, melalui rilisnya, Rabu, 16 Februari 2022.

Ia menegaskan, selain mengurangi birokratisasi, sistem ini juga efisien dari segi waktu dan biaya.

Dengan pemberlakuan aplikasi OSS-RBA ini, ia mengimbau para pelaku usaha yang sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) OSS 1.1 agar melakukan migrasi ke OSS-RBA.

Menurutnya, aplikasi berbasis web ini merupakan sistem pelayanan yang relatif baru. Wajar saja bila ada masyarakat belum terbiasa, bahkan menemui berbagai hambatan ketika memproses pelayanan yang diinginkan.

Lebih lanjut ia mengatakan, DPMPTSP telah memperkenalkan layanan “Klik n Kring” yang merupakan suatu bentuk inovasi yang diluncurkan dalam pelayanan perizinan dan nonperizinan di Aceh Barat.

Ia menegaskan, layanan ini secara garis besar merupakan inovasi berbentuk penyediaan akses layanan informasi dan panduan teknis secara online.

“Layanan ini diharapkan menjadi solusi bagi para pemohon atau pelaku usaha yang mengalami kendala ketika memproses perizinan dan nonperizinan secara elektronik, tanpa harus datang langsung ke kantor DPMPTSP. Di samping itu, penerapan inovasi ini juga diharapkan dapat memutus mata rantai percaloan yang secara finansial dinilai dapat membebani pelaku usaha,” tuturnya.

Bagi pelaku usaha yang ingin mendapat layanan ini, dapat menempuh langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Untuk melakukan registrasi perizinan, masyarakat diarahkan untuk mengakses website
    dan/atau aplikasi online yang tersedia, sesuai kebutuhan (OSS-RBA, siCANTIK Cloud atau SIMBG);
  • Apabila menemui kendala, masyarakat dapat menghubungi petugas di Helpdesk Center melalui telepon atau dengan mengirim pesan/chat Whatsapp ke nomor 08116870055, ataupun melalui e-mail: dpmptsp.meulaboh@gmail.com;
  • Selanjutnya, petugas akan membantu memberikan informasi dan panduan teknis yang
    dibutuhkan secara daring, berbarengan dengan proses registrasi tyang dilakukan;
    Jika membutuhkan penanganan lebih lanjut, petugas akan memberikan layanan langsung (Konsul Tatap Muka) di kantor ataupun dalam bentuk kunjungan (secara luring).

Selain memudahkan pelaku usaha dan calon investor, layanan ini juga secara khusus
menyasar kelompok masyarakat rentan/disabilitas. Istimewanya lagi, melalui layanan ini,
masyarakat bisa mendapatkan pendampingan secara privat.

“Dan yang paling penting, semua layanan tersebut dilakukan secara gratis.”[]

WARTAWAN: TEUKU AGUS MUHARRIS

spot_img
Kontributor :RILIS

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS