28.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Melvita Sari, Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRK Langsa

LANGSA | ACEH INFO – Melvita Sari dari Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi dilantik sebagai Ketua DPRK Langsa periode 2024-2029.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRK Langsa I, Burhansyah dari Partai Aceh (PA) dan Wakil Ketua DPRK Langsa II, Noma Khairi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pelantikan itu digelar pada Ralat Paripurna DPRK Langsa dengan agenda pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRK Langsa masa jabatan 2024-2029, dipimpin oleh pimpinan sementara, Burhansyah, Senin 20 Oktober 2024..

Pelantikan/pengucapan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Langsa, Kemas Reynald Mei disaksikan Pj Wali Kota Langsa, Syaridin.

Dengan demikian Melvita Sari menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPRK Langsa.

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Kota Langsa, Gunawan Abdillah, menjelaskan, pengangkat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Langsa berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 1000.1.4.2/1197/2024 tentang peresmian pengangkat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Langsa.

Melvita Sari, menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, tokoh agama, guru-guru kami, kaum intelektual, akademisi, mahasiswa, perempuan seluruh kota Langsa atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk mengemban amanah sebagai pimpinan DPRK Langsa.

Anggota DPRK Langsa berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, partai yang berbeda, dapil yang berbeda, beragam profesi, beragam tingkat pendidikan dan beragam gaya bicara. Namun, harus saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan tersebut.

Pimpinan DPRK Langsa secara kolektif kolegial akan memimpin dengan mengutamakan kerja bersama, gotong royong, membangun komunikasi lintas fraksi, komisi dan AKD DPRK Langsa untuk mencapai kebersamaan.

Kebersamaan bukan berarti semua serba sama akan tetapi titik temu yang sama demi mewujudkan kepentingan masyarakat dan kota langsa yang kita cintai. Ke depan segala kehidupan kita menghadapi berhbagai tantangan dalam membangun Kota Langsa.

Dirinya yakin dengan kerja sama dan sinergitas yang menjadi pilar antara DPRK Langsa, Pemerintah Kota Langsa dan seluruh elemen masyarakat dapat membawa kemajuan bagi Kota Langsa.

Sebagai perempuan yang saat ini diberikan mandat sebagai ketua DPR, amanah ini merupakan suatu kehormatan yang akan selalu dijaga sebagai sebuah komitmen bahwa teruslah memperjuangkan aspirasi masyarakat dan teruslah membangun Kota Langsa yang kita banggakan.

“Amanah ini juga bukti bahwa perempuan memiliki peran yang strategis untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Syaridin
berharap pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kota Langsa masa jabatan 2024-2029 ini dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik sebagai nahkoda DPRK Langsa.

Komposisi pimpinan DPRK Langsa periode 2024-2029 ini semuanya politisi senior, yang bukan pertama kali terpilih sebagai anggota DPRK Langsa, sehingga sudah sangat paham dengan tupoksinya dan paham cara mengelola dinamika politik internal maupun eksternal.

Para pimpinan ini juga mudah-mudahan dapat menjadi pembimbing yang baik bagi para anggota DPRK Langsa yang baru pertama kali terpilih.

“Kami paham bahwa memimpin DPRK sebagai lembaga politik tentu bukan perkara mudah karena tarikan kepentingan politik antar anggotanya akan sangat kuat,” ujarnya.

Namun demikian, kami yakin dengan kepemimpinan yang arif bijaksana dan kolektif kolegial maka semua ego akan dapat ditepikan demi kepentingan dan kemaslahatan rakyat Kota Langsa.

“Saat ini yang paling mendesak untuk segera dibahas adalah RAPBK Langsa tahun 2025. Mudah-mudahan kerjasama yang baik antara tim anggaran eksekutif dengan legislatif dapat berjalan dengan baik sehingga RAPBK Langsa tahun 2025 dapat segera diselesaikan dan disyahkan tepat waktu,” pungkasnya.

Rapat Paripurna dihadiri Forkopimnda, anggota DPRK Langsa dan tamu undangan lainnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS