28.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Dinkes Langsa Periksa Kontak Erat Penderita TBC di Gampong Pondok Kemuning

LANGSA | ACEH INFO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Langsa menggelar pemeriksaan kontak erat penderita Tuberkulosis (TBC) di Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan tes Mantoux sebagai langkah deteksi dini untuk menekan penyebaran penyakit menular ini di masyarakat.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Langsa, dr Muhammad Yusuf Akbar, bertujuan untuk mengidentifikasi individu-individu yang berisiko tinggi tertular TBC akibat kontak erat dengan pasien yang sudah terkonfirmasi.

Dalam pemeriksaan ini, puluhan warga yang terdata sebagai kontak erat menjalani tes Mantoux.

Baca juga: Dinkes Langsa Lakukan implementasi SMART TOSS kepada Pelajar

“Tes Mantoux adalah salah satu cara yang efektif untuk mendeteksi adanya infeksi TBC pada tahap awal. Dengan demikian, kami bisa segera memberikan penanganan medis yang diperlukan sebelum kondisi pasien memburuk atau menyebarkan lebih luas,” ujar Dr. Yusuf Akbar, kepada acehinfo.id, Selasa, 8 Oktober 2024.

Selain pemeriksaan, tim kesehatan juga memberikan penyuluhan kepada warga tentang pentingnya deteksi dini dan perawatan rutin bagi penderita TBC.

Para peserta yang hasil tesnya menunjukkan reaksi positif akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Baca juga: Percepat Penanganan TB, Dinkes Langsa Implementasikan Transformasi Digital Smart Toss

Gampong Pondok Kemuning menjadi salah satu wilayah fokus dalam program penanggulangan TBC karena tingginya jumlah kontak erat dengan penderita di daerah tersebut.

Dinkes Langsa berharap dengan skrining rutin seperti ini, penularan TBC di wilayah Kota Langsa, khususnya Kecamatan Langsa Lama, dapat ditekan secara signifikan.

“Kami akan terus melakukan pemeriksaan serupa di desa-desa lain sebagai bagian dari upaya kami untuk memberantas TBC di Langsa,” tambah Akbar.

Dengan langkah preventif ini, Dinas Kesehatan Langsa optimis bisa mencapai target penurunan angka penderita TBC di wilayahnya dan memastikan masyarakat mendapatkan akses kesehatan yang lebih baik.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS